Sabtu, 19 Agustus 2017

Cara Bangun Lebih Awal di Pagi hari

Bangun pagi adalah salah satu kebiasaan yang baik. Orang orang bangun pagi dengan tujuannya masing masing. Ada yang bangun pagi agar bisa beribadah sholat subuh, ada juga yang bangun pagi agar memiliki cukup banyak waktu luang sebelum beraktivitas (bekerja, sekolah dll). Namun terkadang bagi sebgian orang bangun pagi ini menjadisatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Tidur lebih awal mungkin bisa dibilang adalah salah satu cara agar keesokan harinya anda bisa bangun pagi. Anda mungkin sudah tahu itu. Dengan cara ini, Anda masih bisa mendapatkan istirahat sehat penuh antara  7 atau 8 jam setiap malam, dan bangun segar dan energik di pagi hari.

Trik lain untuk bangun lebih awal, adalah dengan meletakkan jam yang  beralarm bising di seberang tempat tidur Anda. Atur alarm sesuai jam yang anda inginkan untuk bangun pagi, dan tindakan bangun dari tempat tidur, atasi diri Anda, dan berjalan melintasi ruangan memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk tetap tidur daripada merangkak kembali di bawah selimut Anda yang nyaman.

Beberapa orang telah berhasil mengatur ulang jam pagi mental mereka dengan mengambil langkah bertahap. Jika Anda ingin bangun 1 jam lebih awal di pagi hari, atur alarm Anda 15 menit lebih awal besok. Pindahkan itu sampai 30 menit lebih awal dari yang Anda gunakan untuk bangun minggu berikutnya, perlahan bangun hingga waktu yang diinginkan meningkat 60 menit.

Jam internal Anda secara alami cenderung tetap terjaga saat berada di luar, dan untuk tidur saat gelap. Gunakan fakta biologis ini untuk keuntungan Anda. Anda dapat membeli timer listrik murah di toko perbaikan rumah, dan menempelkannya pada beberapa lampu terang yang membuatnya hampir tidak mungkin tertidur begitu alarm Anda berbunyi.

Tegaskan dalam pikiran Anda persis mengapa Anda bangun pagi-pagi. Jika alasan Anda cukup besar dan cukup penting, mengingatkan diri Anda setiap pagi bisa cukup untuk melakukan triknya.

Tekanan rekan adalah cara lain untuk memastikan Anda muncul sebelum orang lain. Mungkin Anda ingin bangun lebih awal agar bisa menjadi yang pertama di kantor atau di tempat kerja Anda. Jika ini masalahnya, kenyataan itu bisa memberi motivasi untuk membuat bagian belakang malas Anda terbengkalai saat jam alarm Anda menjerit pada Anda pada waktu yang sangat dini.

Studi menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari menyebabkan pola tidur lebih baik larut malam. Rutin pagi hari Anda bisa mencakup 30 sampai 60 menit latihan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kesehatan dan energi di pagi hari, tapi ini bisa membantu membuat Anda merasa cukup lelah pada akhir hari yang panjang sehingga tidur menjadi mudah dan awal.

Jika tidak ada trik di atas yang berhasil, Anda bisa mencoba melatonin. Tubuh Anda secara alami menciptakan bahan kimia ini untuk membantu Anda tidur. Mulailah dengan dosis yang relatif rendah, 0,5 sampai 1,0 miligram setiap malam. Anda mungkin harus membawa suplemen melatonin Anda 5 sampai 6 jam sebelum tidur selama beberapa hari berturut-turut sebelum Anda melihat adanya perubahan pada kebiasaan tidur Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar